Sabtu, 12 Januari 2013

TIPS PRAKTIS MERUBAH DEKORASI RUMAH DALAM SEHARI

Tahun baru, tatanan rumah baru? Hmmmmm...pasti menarik! Menghuni sebuah rumah dengan tatanan dekorasi yang itu-itu saja selama beberapa waktu bisa membuat Anda bosan. Siapa yang tidak ingin mendapati suasana rumah yang segar dan berbeda? Tentu semua orang menginginkan hal tersebut sehingga bisa merasa semakin nyaman setiap kali melangkahkan kaki pulang ke rumah dan mendapatkan semangat yang baru pula untuk memulai aktifitas.

Lalu bagaimana bila waktu luang Anda terbatas untuk memikirkan bagaimana menata atau mendekorasi ulang rumah? Belum lagi, bagaimana dengan biayanya? Jawabannya sederhana. Di sela-sela kesibukan dan rutinitas yang Anda jalani, Anda tetap bisa menata atau mendekorasi ulang rumah Anda dalam waktu yang singkat serta dengan biaya yang terjangkau. Berikut beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan suasana yang berbeda di rumah Anda...

1. Bantal Hias
BANTAL HIAS
Apakah rumah bernuansa minimalis atau penuh dengan ornamen, bantal hias tidak akan pernah gagal memberikan sentuhan berbeda pada rumah Anda. Bantal hias merupakan komponen yang bisa "meramaikan" maupun "menetralisir" dekorasi rumah Anda. Bila rumah Anda bernuansa minimalis, bantal hias dengan motif, corak, atau ornamen bisa menjadi pilihan. Sementara bila rumah Anda penuh dengan beragam ornamen, pemilihan bantal hias yang polos, minimalis, dan sederhana akan sangat tepat.

2. Lukisan, Wall-Art, atau Foto berpigura

LUKISAN DEKORATIF
Lukisan bisa juga memberikan pemandangan yang berbeda pada rumah Anda. Anda bisa memilih jenis lukisan yang sesuai dengan konsep rumah Anda, seperti : lukisan dekoratif, lukisan abstrak, lukisan pemandangan, dll.

WALL-ART
Pilihan lain yang tak kalah menariknya adalah wall-art, yaitu hiasan yang bisa diaplikasikan di dinding. Bentuknya pun beragam, bisa berupa : sticker dinding, ukiran dari logam (kuningan atau tembaga) maupun dari kayu, atau bahkan poster yang dipigura. Semua bisa disesuaikan dengan konsep rumah Anda.


FOTO BERPIGURA
Benda lain yang juga menarik untuk dijadikan hiasan adalah foto-foto kenangan Anda. Bongkar album foto kenangan Anda, pilih foto-foto yang menarik, beri pigura yang sesuai atau unit, lalu siap untuk dipajang di dinding rumah Anda.

Untuk tips ini, Anda tidak perlu memilih lukisan atau wall-art yang rumit atau mahal. Jangan sungkan untuk sekali waktu berjalan-jalan di toko antik atau pasar loak. Atau bila Anda belum sempat berjalan-jalan, Anda bisa memindahkan posisi antara satu lukisan, wall-art, atau foto dari satu ruangan ke ruangan lainnya atau dari satu dinding ke dinding lainnya. 

3. Rak Buku / Pajangan
RAK PAJANGAN
Anda memiliki rak? Apapun bentuk rak yang Anda miliki, mengganti isi rak tersebut bisa memberikan suasana baru sekaligus dekorasi baru pada rumah Anda. Misalnya, rak yang biasa Anda gunakan untuk menaruh buku sekali waktu bisa digunakan untuk menaruh berbagai pajangan, hiasan, atau foto kenangan Anda. Begitupun sebaliknya,  dengan catatan rak hiasan Anda memadai untuk menaruh buku-buku Anda.
RAK BUKU

4. Lampu 
LAMPU

Tips praktis lainnya adalah dengan mengganti warna bohlam atau bola lampu yang Anda gunakan. Bila Anda biasa menggunakan bola lampu yang cahayanya berwarna putih, sekali waktu Anda bisa menggantinya dengan bola lampu yang berwarna agak redup (kuning). Anda juga bisa menambah lampu di beberapa sudut atau tempat tertentu. Permainan cahaya selalu bisa memberikan suasana yang berbeda pula.

5. Cermin
CERMIN
Memasang cermin pada ruangan atau sisi ruangan bisa memberikan pemandangan yang berbeda di rumah Anda. Selain membuat rumah Anda terkesan lebih luas, cermin juga bisa membuat pantulan cahaya menjadi lebih indah. Model yang dipilih pun tidak perlu terlalu berat atau rumit. Desain sederhana, asal sesuai dengan konsep rumah Anda, bisa mejadi dekorasi yang berbeda.

6. Karpet
KARPET
Pemasangan karpet pada ruangan di rumah Anda juga bisa menjadi dekorasi yang menarik. Yang perlu diperhatikan adalah permainan warna dan motifny sehingga tidak bertabrakan dengan konsep rumah yang sudah ada. Karpet yang dipilih pun tidak harus berukuran besar. Karpet berukuran sedang atau kecil juga bisa menjadi aksen pada keseluruhan dekorasi.

7. Ganti Salah Satu atau Dua Furniture


MEJA
Mengganti furniture sudah tentu akan cukup berpengaruh dalam perubahan dekorasi rumah Anda. Namun, perubahan furniture yang dimaksud tidak perlu secara keseluruhan. Anda bisa mengganti 1 atau 2 furniture yang sudah ada dengan furniture yang baru. Misalnya, Anda bisa memilih meja dengan warna dominan yang mencolok yang berbeda dengan nuansa dekorasi yang lain atau sebuah kursi dengan desain yang unik. Perbedaan pada furniture tersebut akan memberikan aksen pada keseluruhan dekorasi rumah Anda.

Bagaimana? Praktis dan mudah bukan? Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi bila ingin mendekorasi ulang rumah Anda dan mendapatkan suasana baru yang menyegarkan di dalamnya. Selamat berkreasi!

Sumber referensi :  Wolipop Lifestyle

1 komentar:

LOJAJAR KAVLING B, SIAP HUNI 1 BULAN LAGI.

Satu unit rumah yang siap huni 1 bulan lagi berlokasi di antara jl. Kaliurang dan jl. Palagan. Sangat strategis, mengingat area tersebut mer...